Home » » Sinopsis Film Harry Potter and the Order of the Phoenix

Sinopsis Film Harry Potter and the Order of the Phoenix

Harry Potter and the Order of Phoenix




Pada suatu malam Harry dikejutkan dengan hadirnya Dementor di Privet Drive, yang hendak menyerang dirinya dan Dudley. Untunglah ia berhasil menghasilkan Patronus untuk melawan. Namun akibat dari hal ini, dia nyaris diusir oleh pamannya (karena dikira menyerang Dudley), kemudian ia menghadapi persidangan di Kementerian Sihir dan terancam dikeluarkan dari Hogwarts. Di persidangan tak seorangpun percaya bahwa ada Dementor berkeliaran di daerah Muggle. Dumbledore mengatakan bahwa Kementerian tidak punya hak untuk mencampuri urusan sekolah, termasuk dalam hal ini mengeluarkan seorang murid. Dan dengan dibantu oleh Mrs.Figg, yang menjadi saksi dalam persidangan, kemudian para kementriam sihir mengambil suara voting, Harry pun bebas dari segala tuduhan dan dibolehkan untuk kembali ke Hogwarts.

Saat Harry mengajar anggota Laskar Dumbledore
Saat Harry, Ron, dan Hermione pada tahun kelimanya di Hogwarts, Menteri Sihir Cornelius Fudge menujuk Dolores Umbridge, seorang pejabat Kementerian Senior, sebagai guru baru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam, ia menolak untuk mengajarkan praktek sihir kepada murid-murid, dan melarang murid menggunakan mantra. Harry berulang kali mendapat detensi karena mengatakan bahwa Voldermort telah kembali. Harry dan seluruh murid kelas 5 akan menjalani ujian OWL, dimana mereka sudah harus berpikir pelajaran apa saja yang akan (dan mau) menerima mereka di kelas 6, serta tentang karier apa yang mereka minati selepas sekolah. Di tengah tekanan Umbridge dan segala dekritnya, Harry, atas dukungan penuh dari Ron dan Hermione, memimpin sekelompok anak untuk mempraktekkan pertahanan terhadap ilmu hitam dalam sebuah kelompok yang mereka namai Laskar Dumbledore (LD). LD beranggotakan cukup banyak anak, selain Ron, Hermione, Ginny, Neville, Luna Lovegood, Fred & George, Cho Chang, dan beberapa anak dari asrama lain yang kelihatannya lebih ingin tahu apakah benar pikiran Harry terganggu seperti yang diberitakan koran-koran, atau ingin tahu cerita yang sebenarnya tentang kematian Cedric dan kembalinya Voldermort.

Harry mendapatkan mimpi buruk, ia melihat serangan berbahaya pada Arthur Weasley di Departemen Misteri yang melibatkan Nagini, ular Lord Voldemort. Penglihatan yang dialami Harry akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa dia dan Voldermort, entah bagaimana, saling terhubung. Harry merasakan amarah dan kesenangan Voldermort. Suatu saat hal ini menguntungkan, karena menyelamatkan Arthur Weasley dari maut. Tapi Dumbledore kemudian menugaskan Snape untuk mengajari Occlumency, untuk menutup pikirannya dari Voldermort. Harry dan Snape yang sama-sama tidak senang dengan hal ini, tetap melakukannya, sampai suatu saat Harry memasuki Pikiran Snape dan mendapati alasan mengapa ia begitu membenci ayahnya dan Sirius. Snape sangat marah ketika memergoki Harry dan menolak untuk mengajarinya sejak saat itu.

Sementara itu, Bellatrix Lestrange lolos dari Azkaban bersama dengan Pelahap Maut lain setelah salah satu dinding penjara rusak oleh kilatan petir. Di Hogwarts, Umbridge, Filch dan team penyelidiknya Draco Malfoy dkk, mengungkap Laskar Dumbledore setelah menginterogasi salah satu siswa Cho Chang, wanita yang disukai oleh Harry. Dumbledore akan ditangkap, tetapi Dombledore segera melarikan diri dengan beraparate bersama burung Phoenix. Dengan Dumbledore pergi, Umbridge menjadi Kepala Sekolah yang baru dan ia selalu membuat peraturan-peraturan yang melarang murid-murid untuk berkembang. Kemudian, Hagrid memperkenalkan Harry, Ron, dan Hermione dengan saudara raksasanya, Grawp. Ia dan Madame Maxime sebenarnya ditugasi Dumbledore untuk mendekati para raksasa agar tidak bergabung dengan Voldermort. Tapi tidak berhasil, karena ternyata para Pelahap Maut telah mendekati mereka terlebih dahulu. Ketika pulang, Hagrid membawa Grawp (karena ibu mereka telah meninggal) yang bertubuh mungil (untuk ukuran raksasa).

Selama ujian OWL berlangsung, Sikembar Weasley yaitu Fred dan George menjalankan rencananya. Mereka meledakkan kembang api di aula besar yang menyebabkan kekacauan saat ujian. Sebagian siswa bersorak gembira, Harry kembali mendapat penglihatan, ia melihat bahwa Sirius sedang dalam bahaya. Harry, Ron, dan Hermione buru-buru untuk mencari Sirius, tapi Umbridge, segera setelah itu, menangkap mereka mencoba untuk menggunakan Jaringan Floo, dan mulai menginterogasi Harry. Dia menyerukan Profesor Snape untuk membawa Veritaserum untuk digunakan selama interogasi, karena dia menggunakannya untuk semua interogasi sebelumnya, tapi Snape mengatakan kepadanya bahwa pasokan telah habis. Hermione kemudian membuat siasat dengan membawa Umbridge untuk memasuki Hutan Terlarang bersama dengan Harry dan dia mencari senjata palsu, benar-benar mengarah ke tempat persembunyian Grawp yang saat itu sudah tidak ada, bebas dari ikatannya, kemudian kawanan Centaur muncul, mereka memiliki masalah dengan Departemen Kementrian, para Centaur kemudian membawa kepala sekolah Umbridge. Hermione dan Harry kembali ke Hogwarts untuk bertemu dengan Ron dan anggota Orde Phoenix lainnya, Luna Lovegood, Neville Longbottom, dan Ginny Weasley, mereka memutuskan untuk terbang ke London dengan Thestral (makhluk ajaib bersayap seperti kuda) ke Departemen Misteri Kota London dalam upaya untuk menyelamatkan Sirius.

Mereka kemudian masuk kedalam Departemen Misteri, di mana mereka menemukan sebuah ramalan yang melibatkan Harry dan Voldemort, tetapi segera disergap oleh Pelahap Maut, termasuk Lucius Malfoy dan Bellatrix Lestrange, sepupu gila Sirius. Setelah pertempuran singkat dan upaya melarikan diri gagal, para Pelahap Maut, berhasil mengambil Ron, Hermione, Luna, Neville, dan Ginny sebagai sandera, mengancam akan membunuh mereka jika Harry tidak menyerahkan ramalannya. Sirius muncul, dengan anggota lain dari Orde Phoenix, dan menyerang Lucius dan Pelahap Maut lainnya yang menyebabkan  ia menjatuhkan ramalannya, dan hancur. Pertempuran mengakibatkan kematian Sirius di tangan Bellatrix. Kemudian Harry mengejar Bellatrix untuk membunuhnya, tapi ia berjuang untuk bebas dari kutukan Cruciatus. Voldemort sendiri muncul, siap untuk membunuh Harry ketika Dumbledore muncul untuk menghadapi pertempuran melawan Voldemort. 

Sebuah duel singkat yang sengit antara Voldemort dan Dumbledore berlangsung, di mana Bellatrix lolos melalui Jaringan Floo. Kemudian Voldemort menghilang, Harry tiba-tiba dirinya dirasuki oleh Voldemort, mengingat gambaran masa lalunya, keluarganya dan teman-temannya, tetapi ia berhasil bebas dari pengaruh Voldemort, menyatakan bahwa dia lebih kuat dari Voldemort melalui teman-temannya dan kemampuannya untuk mencintai. Pejabat Departemen, termasuk Fudge, buru-buru tiba melalui Jaringan Floo sebelum saat-saat Voldemort menghilang.


Harry dan lainnya menuju kereta, tahun ke-5 telah berakhir.
Kementerian dipaksa untuk mengakhiri kampanye kotor dan Umbridge tak lagi menjadi Kepala sekolah di Hogwarts, dan menunggu penyelidikan resmi selanjutnya. Dombledore kembali menduduki jabatannya sebagai Kepala sekolah. Dumbledore menjelaskan bahwa ia telah berusaha untuk menjauhkan diri dari Harry sepanjang tahun, berharap akan mengurangi risiko Voldemort menemukan dan menggunakan hubungan antara keduanya. Sementara siswa pulang dari Hogwarts pada akhir tahun ajaran, Harry memberitahu teman-temannya bahwa mereka memiliki satu hal yang  Voldemort tidak miliki, yaitu "CINTA", kekuatan yang layak diperjuangkan. 
Share this article :

4 komentar:

Ahmad syamsudin mengatakan...

bagus novel harry potter the order of the phoenix

Obat herbal hepatitis B mengatakan...


Senang rasanya bisa berkunjung ke website anda" mudah-mudahan
infonya bermanfaat Terimakasih sudah berbagi

Putri Izukha S,H mengatakan...

Good

Unknown mengatakan...

Semangat bang, terus berkarya, trimakasih atas infonua

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Kedondoong - All Rights Reserved