Home » » Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Sidaguri

Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat - Sidaguri

Tanaman Obat - Sidaguri
 
 


Sidaguri (Sida rhombifolia atau Sida retusa) merupakan tanaman perdu berbentuk tegak dan memiliki banyak dahan. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 2 m. Daunnya berbentuk belah ketupat atau telur terbalik dengan tangkai yang pendek. Bunganya berwarna kuning dan di kulit buah terdapat semacam jarum. Dalam pengobatan, bagian tanaman yang sering digunakan adalah akar, daun, dan bunga. Namun, akar lebih sering digunakan. Sidaguri digunakan sebagai obat sakit gigi, obat mulas, obat gatal, kudis, obat keremi, dan obat luka akibat sengatan lebah.

Daunnya mengandung alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, dan minyak asiri. Batang Sidaguri mengandung kalsium oksalat dan tanin. Sementara bagian akar mengandung alkaloid, steroid, dan efedrine. Alkaloid dan efedrine yang terkandung dalam Sidaguri menyebabkan orang harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Orang yang sensitif terhadap alkaloid efedrine tidak disarankan untuk menggunakannya. Begitu pula anak-anak, wanita hamil dan menyusui.

Kandungan polifenol dan flavonoid pada akar bersifat diuretik, sehingga asam urat akan luruh dan terbuang bersama urin. Sidaguri juga dapat menghambat produksi enzim xantin oksidase (XO), yang merupakan enzim penting yang turut berperan dalam sintesa asam urat. Tanpa adanya XO, maka asam urat tidak akan terbentuk dan serangan gout tidak dapat terjadi. Kemampuan ekstrak kasar flavonoid sidaguri sebagai penghambat aktivitas XO mencapai 55.29% melalui mekanisme inhibisi kompetitif. Selain untuk asam urat dan rematik, Sidaguri bermanfaat untuk flu, demam, malaria, radang amandel, radang usus, disentri, sakit perut, sakit kuning, kencing batu, bisul, radang kulit bernanah, dan eksim. Khusus untuk akarnya, digunakan untuk mengatasi influenza, asma, sakit gigi, sariawan, disentri, susah buang air besar/sembelit dan rematik.
Share this article :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

https://artikeltentangkesehatanindonesia.blogspot.co.id/2014/12/daun-alpukat-sidaguri-dan-sukun-ampuh.html?showComment=1474103434217#c6227752606699737214

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Kedondoong - All Rights Reserved